
Sharing Session Tentang Dimensi Pengetahuan
SMAIT Latansa Cendekia---- Rabu, 10 November 2021, setiap pekan sekali kepala sekolah dan dewan guru mengadakan sharing (berbagi) strategi pembelajaran. Pertemuan kali ini, dibahas mengenai konsep Dimensi Pengetahuan (DP) yang meliputi faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif.
Ust. Ahmad Zulfikar Fauzi, S.Pd.I, selaku pemateri menyampaikan melalui contoh pembelajaran bangun ruang. Tahap faktual pada pembelajaran tersebut dapat dipantik melalui contoh-contoh bangun datar yang telah diketahui oleh siswa sebelumnya. Pada tahap konseptual, guru memberikan contoh bangun ruang dengan botol minum (silinder), ruangan kelas (balok), dsb. Sehingga, peserta didik dapat membedakan antara bangun ruang dan datar. Guru juga dapat mengecek pemahaman siswa dengan menanyakan contoh bangun datar, misalkan kertas (bangun datar persegi panjang).
Pada tahap prosedural, siswa dapat menggambarkan bentuk-bentuk bangun ruang, menghitung sisi dan volume secara benar. Dari poin ini, siswa dapat memahami adanya syarat-syarat bangun ruang yakni memiliki sisi, sudut, dan rusuk.
Pada tahapan metakognitif (kesadaran), siswa dapat mengasosiasikan ilmu yang didapat dari bangun ruang. Sehingga, harapannya siswa dapat termotivasi menjadi ahli bangun ruang (arsitektur) di masa depan dengan menguasai ilmu bangun ruang ini. Siswa sadar bahwa ilmu bangun ruang ini penting.